Kapan Waktu Olahraga Terbaik?

Olahraga mampu memberikan efek yang maksimal dan efektif jika dilakukan dengan benar, dan tahu kah anda olahraga dapat memberikan efek lebih maksimal jika dilakukan diwaktu-waktu tertentu. Berikut keterangan dari Dr Michael Triangto seputar olahraga yang baik dilakukan berdasarkan waktu..

Jika anda adalah pemula dan tidak pernah melakukan exercise apapun, maka anda bebas melakukan olahraga kapan saja waktunya dan tidak perlu melakukan olahraga yang sifatnya berat, karena dapat mempengaruhi fisik dan psikologis anda. Jadi bagi anda para pemula silakan lakukan olahraga kapanpun, selama waktunya cocok dengan anda.

Nah, jika anda seorang yang sudah terlatih atau terbiasa berolahraga anda harus membagi porsi latihan, karena latihannya tidak lagi bisa sembarang, latihannya haruslah lebih terarah agar dapat menghasilkan apa yang dia harapkan dari latihannya tersebut, misalnya membentuk tubuh.

Pagi, adalah waktu yang paling baik untuk melatih kebugaran jantung dan paru, karena dengan berlatih di pagi hari diharapkan mampu memberikan anda kebugaran dan menjaga kita tetap fit dalam menjalani aktivitas sepanjang hari. Jam 5 sampai jam 7 pagi adalah waktu yang baik untuk melakukan olahraga, selain udara yang masih bersih dan cenderung minim polusi, suasana orang yang masih sepi juga menjadi salah satu alasannya sehingga membuat anda lebih nyaman berolahraga, jadi latihan yang anda lakukan akan lebih efektif dan efisien.

Dianjurkan bagi anda untuk tidak melakukan olahraga yang bersifat berat, seperti mengangkat beban misalnya. Anda boleh melakukan olahraga berat seperti angkat beban namun dengan catatan beban yang anda gunakan masih dalam kadar ringan seperti memakai wrist weigth atau angkle weigth guna menghindari kemungkinan terjadinya cidera seperti muscle fatigue.

Kardio adalah salah satu olahraga yang cocok dilakukan pada pagi hari. Jenis olahraga aerobic ini jika dilakukan dengan intensitas yang konstan dan rutin minimal 30 menit dan 2 sampai 3 kali seminggu dipercaya mampu memberikan bahkan meningkat kebugaran tubuh anda dan menjaga stamina anda agar tetap fit dalam melakukan aktifitas sampai seharian.

Dari sisi makanan yang baik dikonsumsi pagi hari adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yaitu buah-buahan seperti pisang dan pepaya. Jenis makanan yang berkabohidrat kompleks seperti buah-buahan ini baik untuk dikonsumsi saat pagi hari karena mampu menetralkan asam lambung dan lebih lama untuk dirubah oleh tubuh sehingga bisa memberikan energi lebih untuk anda, tetapi energi tersebut tidak menimbulkan kenaikan kadar gula darah, karena jika kadar gula darah meningkat maka insulin akan keluar dan menekan kadar gula darah tersebut, akibatnya anda menjadi lemas.

Selanjutnya adalah siang hari, biasanya kita melakukan olahraga setelah melakukan separuh dari aktifitas kita seperti bekerja dikantor dan sebagainya. Sebaiknya olahraga dilakukan setelah makan siang, seperti menggunakan fasilitas gym dikantor. Biasanya setelah makan siang kita akan mengantuk karena kenyang, nah, untuk membantu agar anda tetp fit setelah makan siang anda bisa gym-ing atau melakukan olahraga ringan lainnya.

Bagi anda yang masih harus bekerja setelah makan siang, maka sebaiknya olahraga dilakukan dengan kadar ringan, agar tidak terlalu lelah setelah berolahraga dan bisa melanjutkan aktifitas bekerja anda. Olahraga siang hari bagi anda para pekerja sebenarnya bersifat sekedar menjaga kebugaran atau muscle endurance agar stamina anda tetap terjaga dan tetap fit.

Lagi-lagi kardio menjadi menjadi pilihan tepat untuk anda lakukan, namun disini anda sudah mulai bisa menambahkan sedikit beban yang tetntunya dengan catatan tidak terlalu berat karena anda masih harus kembali bekerja. 30 menit adalah durasi yang ideal untuk olahraga di siang hari, jangan terlalu lama karena selain terhalang waktu kerja, berolahraga disiang hari terlalu lama buat anda para pekerja juga bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya cidera yang lebih besar.

Mengatur pola makan yang baik akan lebih membuat anda sehat, jika anda ingin melakukan olahraga setalah makan siang sebaiknya porsi makan anda harus cukup dan tidak berlebih. Makan berlebihan bisa menyebabkan olahraga anda tidak maksimal, bahkan anda bisa muntah. Beri jeda 1 jam setelah anda santap siang sebelum akhirnya anda melakukan olahraga karena dalam waktu tersebut makanan sudah mulai tercerna oleh lambung dan gula darah anda pun belum kembali naik sehingga tidak akan menggangu jalannya olahraga siang anda.

Sementara untuk olahraga sore hari, waktu yang dianjurkan adalah antara jam 5 sampai jam 7 malam karena pada dasarnya olahraga yang baik adalah tidak menggangu waktu istirahat malam anda, jika anda selesai berolahraga terlalu malam maka kefektifan kerja esok hari anda bisa terganggu. Nah, untuk olahraga sore ini anda diperbolehkan untuk menambah porsi olahraga latihan dan melakukan olahraga berat seperti angkat beban dan sebagainya.

Di olahraga sore ini anda bisa menguji explosive power dan melakukan olahraga yang anda suka. Bagi anda yang ingin membentuk tubuh anda bisa lakukan pada waktu ini dengan melakukan latihan dengan porsi lebih berat dari sebelumnya.

Mengonsumsi makanan sehat selalu dianjurkan untuk siapa saja, karena makanan yang kita makan juga bisa memberikan efek yang vital dalam menjaga kondisi ataupun berolahraga. Jika makanan yang kita konsumsi tergolong dalam makanan sehat maka bisa dipastikan anda juga semakin sehat dan membantu anda menjalani hari dengan baik disamping olahraga rutin yang anda lakukan.

Anda bisa perhatikan grafik yang terus meningkat dari porsi latihan antara pagi menuju malam. Pagi hari anda mulai dengan olahraga ringan yang bersifat aerobic atau kardio, lalu siang hari anda bisa tambahkan sedikit beban, dan di malam hari anda bisa lakukan latihan maksimal dengan menambah porsi dan beban berlatih anda sambil menguji exsplosive power anda.

Sport game manjadi salah satu pilihan yang biasa dan baik dilakukan pada malam hari karena besifat fun dan mudah. Untuk anda yang ingin menjaga kondisi tubuh dan tetap fit sepanjang hari, anda bisa mulai menerapkan waktu olahraga seperti ini.

Selamat mencoba.

Sumber : http://www.uzone.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s