6 Cara kalahkan Stress

Stres bisa dialami siapa pun. Setiap orang pun memiliki kortisol yakni hormon yang akan keluar jika  seseorang merasa takut, stres atau khawatir.

Hormon ini berkaitan erat dengan munculnya kesehatan buruk pada tubuh. Beberapa di antaranya seperti depresi, hilang ingatan, serangan jantung dan obesitas.

Untuk melawan ini, tentu harus melakukan sejumlah cara. Berikut ini enam cara mengalahkan hormon stres seperti dilansir Lifehack, Senin (21/11).

1. Olahraga

Berolahraga mampu menurunkan jumlah kortisol. Ketika tubuh melakukan kegiatan ini, hormon endrofin otomatis akan lepas. Seperti diketahui, hormon ini bisa meningkatkan hati dan membuat siapa pun merasa bahagia. Saat merasakan ini, rasa stres tentu lama-kelamaan akan berkurang.

2. Meditasi

Meditasi bisa jadi cara lain untuk menghadapi hormon stres pada tubuh. Beberapa bentuk meditasi mampu menciptakan ketenangan dalam tubuh. Dengan demikian akan ikut menimbulkan perasaan positif pada pikiran. Tak hanya itu, jumlah hormon kortisol pun akan bekurang dalam tubuh.

3. Musik

Penelitian telah membuktikan mendengarkan musik memiliki dampak yang baik bagi tubuh. Meskipun harus mendengarkan musik santai sekalipun, dampak itu akan selalu ada. Musik memiliki kekuatan untuk memperbaiki hari seseorang. Bahkan, mampu mengurangi hormon kortisol dalam tubuh.

4. Memancing

Kegiatan seperti memancing dan berperahu merupakan hal ideal untuk melawan stres. Kenapa? Karena kegiatan ini bisa memisahkan seseorang dari rutinitas harian, baik secara fisik maupun mental. Memancing memberi seseorang waktu untuk merenungkan masalanya. Tidak hanya itu, dapat mencari perdamaian di lingkungan yang bernuansa alam juga.

5. Yoga

Begitu banyak manfaat yoga, seperti mengurangi stres, menurunkan berat badan dan meningkatkan fleksibilitas. Banyak teknik yoga yang mampu mengatur tingkat stres seseorang. Oleh sebab itu, yoga menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi stres dan kelelahan.

6. Makanan Sehat

Diet dengan makanan sehat seperti  sayuran berdaun hijau, buah jeruk dan ikan dapat membantu mengurangi kadar kortisol. Hal lain yang juga perlu diperhatikan, yakni mengurangi asupan gula, kafein dan karbohidrat olahan. Beberapa makanan ini dianggap dapat memicu timbulnya stres dan kecemasan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s