Permusuhan Orang Kafir terhadap Kaum Muslimin di Kehidupan Dunia

Siapapun yang menelaah Al-Qur‘an akan memahami bahwa sikap yang ditunjukkan orang kafir terhadap orang-orang yang beriman adalah sikap permusuhan dan kebencian. Mereka berupaya keras untuk membuat orang-orang yang beriman menjadi kufur layaknya mereka dan berusaha segala cara untuk bisa menyesatkan mereka. Kebencian mereka ini pun diiringi dengan rasa iri dengki ketika mereka melihat orang-orang yang beriman mendapatkan suatu kebaikan. 

Kombinasi antara kebencian, rasa permusuhan, iri dengki dan kemarahan inilah yang membuat mereka mampu menciptakan beragam trik yang berbahaya, baik ditampakkan secara terang-terangan maupun secara sembunyi-sembunyi. 

Peperangan yang mereka lancarkan pun terkadang panas membara, namun terkadang terasa kurang gregetnya dan juga dalam berbagai bidang baik materi maupun spiritual.

Al-Qur‘an mengulas semuanya ini dan memberikan kepada kaum muslimin untuk bisa waspada dan tidak mudah mempercayai mereka hingga tidak terjerumus ke dalam perang-kapnya; juga tidak merespon godaan dan bujuk rayu mereka yang kadang mereka selipkan dalam bentuk nasihat. Hendaknya kita mengenal lebih jauh musuh kita hingga kita mampu lebih waspada dari semua tipu daya dan trick mereka. Kesemuanya ini dipahami dari ayat-ayat sebagai berikut :

1. {مَّا يَوَدُّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَلَا الْمُشْرِكِينَ أَن يُنَزَّلَ عَلَيْكُم مِّنْ خَيْرٍ مِّن رَّبِّكُمْ ۗ وَاللَّهُ يَخْتَصُّ بِرَحْمَتِهِ مَن يَشَاءُ ۚ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ} [البقرة : 105]

“Orang-orang kafir dari Ahli Kitab dan orang-orang musyrik tiada menginginkan diturunkannya sesuatu kebaikan kepadamu dari Tuhanmu. Dan Allah menentukan siapa yang dikehendaki-Nya (untuk diberi) rahmat-Nya (kenabian); dan Allah mempunyai karunia yang besar.”

Ayat di atas menggambarkan kepada kita akan sengitnya permusuhan yang ditampakkan oleh orang-orang yang kafir -baik itu ahli kitab maupun orang musyrik. 

Allah memerintahkan kaum muslim untuk tidak mengikuti tindak tanduk mereka hingga terpecahlah persatuan antarmuslim. Mereka menanamkan kebencian dan iri dengki dalam hati kaum muslimin dan tidak pernah mengharapkan kebaikan bagi kaum muslimin, baik itu kebaikan dari sisi materi maupun materi. 

Hal terbesar yang membuat mereka benci kepada kaum muslimin adalah karena faktor agama. Mereka benci karena Allah memberikan kebaikan kepada kaum muslimin dan menurunkan kepada mereka AlQur‘an hingga ada rasa kasih di antara kaum muslim yang mempermudah mereka dalam mengemban amanah sebagai khalifah di muka bumi ini. Sungguh, amanah khalifah adalah amanah terbesar dalam kehidupan.

2. “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil menjadi teman kepercayaanmu orang-orang yang, di luar kalanganmu (karena) mereka tidak henti-hentinya (menimbulkan) kemudharatan bagimu. Mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu. Telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka adalah lebih besar lagi. Sungguh telah Kami terangkan kepadamu ayat-ayat (Kami), jika kamu memahaminya.” (QS. Ali Imran 118)

“Beginilah kamu, kamu menyukai mereka, padahal mereka tidak menyukai kamu, dan kamu beriman kepada kitab-kitab semuanya. Apabila mereka menjumpai kamu, mereka berkata “Kami beriman”, dan apabila mereka menyendiri, mereka menggigit ujung jari antaran marah bercampur benci terhadap kamu. Katakanlah (kepada mereka): “Matilah kamu karena kemarahanmu itu”. Sesungguhnya Allah mengetahui segala isi hati.”(QS. Ali Imran 119)

“Jika kamu memperoleh kebaikan, niscaya mereka bersedih hati, tetapi Jika kamu mendapat bencana, mereka bergembira karenanya. Jika kamu bersabar dan bertakwa, niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudharatan kepadamu. Sesungguhnya Allah mengetahui segala apa yang mereka kerjakan. “(QS. Ali Imran 120)

Dalam ayat ini, Allah mengungkap beberapa bentuk kebencian yang ditampakkan orang kafir terhadap kaum muslimin, setelah Allah melarang kaum muslimin untuk menjadikan orang kafir sebagai sahabat dan konsultan dalam permasalahan agamanya. Bentuk kebencian yang dimaksud dalam ayat di atas adalah sebagai berikut :

1. Sesungguhnya orang kafir akan selalu berupaya membahayakan kehidupan kaum muslimin dan mengacaukan semua urusan mereka sebisa mungkin.

2. Mereka merasa bahagia dengan perbuatan mereka yang suka membahayakan kehidupan kaum muslimin, baik dalam masalah kehidupan sosial maupun keberagamaannya.

3. Mereka menampakkan kebencian kepada kaum muslimin dan juga kebenciannya saat berbicara dengan orang Islam. Mereka juga mendustakan kitab suci kaum muslimin dan juga nabi yang diutus oleh-Nya.

4. Mereka menyimpan kedengkian kepada Islam dan pengikutnya, bahkan lebih besar dari apa yang mereka tampakkan.

5. Kebencian mereka kepada kaum muslimin ditampakkan dengan selalu mempersulit permasalahan kaum muslimin. Mereka sangat gembira ketika mendapati kaum muslimin selalu berada dalam kesulitan.

Sumber : Kehidupan dalam pandangan Alquran, penerbit GIP

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s