Memikirkan Akhir Kehidupan

Orang yang memikirkan akhir kehidupan pasti akan menaruh kewaspadaan, dan orang yang meyakini lamanya perjalanan tentu akan melakukan persiapan.

Aku sungguh heran kepada Anda, wahai orang yang meyakini sesuatu namun kemudian melupakannya! Aku sungguh takjub kepada Anda, wahai orang yang memercayai bahaya sesuatu tetapi lantas mendekatinya! Dan aku begitu takjub pada Anda kala Anda takut pada manusia padahal Anda seyogianya hanya takut pada Allah.

Aku sangat kaget melihat Anda yang menuruti keinginan hawa nafsu untuk mengejar apa yang disangkanya, tapi Anda tidak memaksanya untuk mengejar apa yang Anda yakini.

Hal paling mengherankan adalah Anda gembira dalam keterpedayaan Anda, namun Anda lupa apa yang disiapkan untuk Anda.

Anda terpedaya oleh kesehatan Anda, tetapi Anda melupakan datangnya penyakit. Anda terkecoh oleh kesentosaan Anda, namun Anda melalaikan datangnya saat sakit Anda. Kematian orang lain telah secara kasat mata memperlihatkan kematian Anda, dan terkaparnya orang lain sebelum kematian telah secara terang mempertontonkan terkaparnya Anda. Tapi, berburu beraneka kesenangan memang telah membuat Anda lupa memikirkan saat rusaknya diri Anda.

“Kamu seolah tak pernah mendengar kisah orang-orang sebelummu Dan tak pernah menyaksikan perilaku masa pada manusia yang tersisa

Jika kamu memang tak tahu maka lihatlah rumah-rumah mereka Dia telah terhapus terpaan angin dan kuburan sepeninggal mereka.”

Sudah sangat sering aku melihat pemilik kedudukan baru sadar kala telah dilengserkan! Sudah sangat sering aku menyaksikan pemilik istana diganti oleh musuhnya sesaat setelah ia dipecat! Maka sadarlah, wahai orang yang setiap saat berjalan ke kondisi seperti itu tapi perbuatannya adalah perbuatan orang yang tidak paham dan tidak tahu!

“Bagaimana mungkin mata tertidur dengan sangat lelap Padahal dia tidak tahu ke mana dia akan ditempatkan?”

Maraji’ : Shaidul Khatir “Nasehat Bijak Ibnul Qayyim”

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s