​Mengintip Surga#1

Ibnu Katsir berkata:

Allah Swt. telah menerangkan kepada kita tentang hamba-hamba-Nya yang akan mendapat kamar-kamar (tempat tinggal) di surga, yakni istana-istana megah (kamar-kamar yang tinggi), yang satu di atas yang lain yang bertingkat-tingkat, bangunannya kuat, dan penuh dengan hiasan.

Nabi saw. juga pernah memberikan gambaran mengenai istana-istana ini kepada kita.

Menurut sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibn Hibban dari Abu Malik al-Asy’ari, serta oleh Tirmidzi dari ‘Ali, Nabi saw. bersabda :

“Di surga terdapat tempat-tempat yang bagian dalamnya dapat dilihat dari luar dan bagian luarnya dapat dilihat dari dalam. Allah Swt. menyiapkannya untuk orang-orang yang memberi makan orang yang kelaparan, orang-orang yang berbicara dengan lemah lembut, orang-irang yang berpuasa terus-menerus, dan orang-orang yang mengerjakan salat di malam hari ketika orang lain tidur nyenyak”.

Bukhari dan Muslim metiwayatkan dari Jabir bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Aku masuk ke dalam surga, dan aku melihat ar-Rumasya’, istri Abu Thalhah. Aku mendengar langkah-langkah orang berjalan. Aku bertanya kepada Jibril, “Siapa itu?’ Jibril berkata, ‘ltu Bilal.’ Dan aku melihat sebuah istana dengan seorang wanita di halamannya. Aku bertanya, “Istana siapa ini?” jibril berkata, “Istana ini untuk “Umar ibn al-Khaththab.’ Aku sebetulnya ingin masuk dan melihat-lihat, tetapi aku ingat akan kecemburuanmu (menyangkut wanita).” ‘Umar, yang mendengar ucapan Nabi itu, berkata, “Biar ibu dan bapakku dikorbankan untukmu, ya Rasulullah saw., seandainya aku cemburu kepadamu!”

Nabi saw. telah memberitahukan kepada kita tentang bagaimana caranya seorang mukmin dapat memiliki lebih dari satu rumah di surga.

Orang yang membangun sebuah mesjid untuk Allah Swt., Allah Swt. akan membangun pula sebuah rumah untuknya di surga. 

Ahmad meriwayatkan dengan sanad yang sahih dari Ibn Abbas bahwa Nabi saw. bersabda, “Barangsiapa membangun sebuah mesjid untuk Allah Swt., walaupun sekecil tempat burung belibis-padang pasir bertelur, Allah Swt. akan membangun sebuah rumah untuknya di surga”

Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, dan Ibn Majah meriwayatkan dari Utsman bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa membangun sebuah mesjid demi Allah Swt., Allah Swt akan membangun sesuatu yang sama baginya disurga.”

Muslim, Ahmad, Abu Dawud, an-Nasa’i, dan Ibu Majah meriwayatkan dari Ummi Habibah bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa mengerjakan salat sunat sebanyak dua belas rakaat setiap hari, Allah akan membangun sebuah rumah untuknya di surga.”

Sumber :

Buku Ensiklopedi Kiamat,

Penulis Dr. Umar Sulaiman Al Asyqar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s