Kisah jujur kepada Allah

#Kisah1# 

Saad ibn Abi Waqqas bercerita pada kami bahwa di Perang Uhud ia bersama “Abdullah ibn Jahsy. “Abdullah berkata kepadanya, “Tidakkah engkau berdoa kepada Allah?” Sa’d bilang, “Aku pun mengangkat tangan dan berucap, “Ya Allah, pertemukan aku besok pagi dengan seorang laki-laki yang sangat pemberani dan perkasa, aku akan berduel dengannya. Kemudian berilah aku rezeki berupa kemenangan atasnya, juga perampasan apa yang dimilikinya.”, “Abdullah ibn Jahsy mengamini. 

Sementara itu, ‘Abdullah berdoa, “Ya Allah, pertemukanlah aku dengan seorang yang sangat pemberani dan perkasa. Demi Engkau aku akan bertarung dengannya. Kemudian ia membunuhku, lalu memotong hidung dan telingaku. Jika besok aku menjumpaimu, Engkau akan bertanya, “Untuk apa engkau potong hidung dan telingamu?” Aku akan menjawab, “Untuk-Mu dan rasul-Mu., Lalu Engkau berfirman, “Bagus? Akhirnya, Engkau pun memasukkanku ke dalam surga.” 

Sa‘d berkata kepada orang-orang di sekitarnya, “Anakku, doanya lebih baik daripada doaku. Di penghujung siang, kulihat hidung dan telinganya tergantung di tali.” 

#Kisah2#

Seorang warga Arab yang buta huruf dan beriman pada Rasulullah saw. dan pengikutnya menjadi contoh nyata. 

Dengan mantap orang itu berkata, “Aku akan ikut hijrah bersamamu.” Ketika Rasulullah saw. mendapatkan harta rampasan perang di Perang Khaybar, semuanya dibagi-bagi. Jatah orang Arab itu pun diberikan, karena ia ikut melindungi punggung mereka dari serangan musuh. Mendapatkan bagian itu, sontak ia berkata, “Apa ini?!” 

Mereka menjawab, “Bagian ini diberikan Rasulullah saw. untukmu.” Ia pun mengambil dan membawanya kepada Rasulullah. 

Ia berkata, “Bukan untuk ini aku ikut denganmu, wahai Nabi Allah. Aku ikut denganmu supaya ditembus busur panah di sini-ia menunjuk lehernya-sampai mati, lalu aku dimasukkan ke dalam surga.” 

Rasulullah saw. bersabda, “Jika engkau tulus berjuang untuk Allah, Dia juga akan tulus memberikan surga-Nya kepadamu.” 

Lalu, orang itu bangkit dan berperang melawan musuh. Leher yang diperlihatkannya tadi pun ditebas pihak musuh. 

Rasulullah saw. bersabda, “Ia tulus berjuang di jalan Allah, maka Allah pun tulus memberikan surga kepadanya” [H.R. al-Nasi’i]. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s