Beda Tipis antara Senang, Bahagia dan Sukses

Kebahagiaan adalah sesuatu yang kita cari dalam hidup ini. Kebahagiaan bahkan merupakan tujuan hidup kita. Bukankah sepanjang hidup kita senantiasa mencari sesuatu yang lebih baik?.

Di sinilah letak keanehannya. Kalau semua orang seumur hidupnya berusaha untuk menemukan kebahagiaan, mengapa banyak sekali orang yang tidak berbahagia di dunia ini?.

Banyak orang yang mencari kebahagiaan tetapi tak kunjung menemukannya. Ini bukan berarti bahwa kebahagiaan itu sulit ditemukan. Bahkan sebenarnya kebahagiaan itu berada sangat dekat dengan kita. Yang membuat kita sulit menemukan kebahagiaan adalah karena kita sering terkecoh oleh sesuatu yang Menyamar sebagai Kebahagiaan.

Kesenangan sering menyamar menjadi Kebahagiaan

Banyak orang yang merancukan kebahagiaan dengan kesenangan. Kesenangan bersifat sementara, kesenangan bisa dicapai dari hal-hal yang bersifat fisik. Ini menghasilkan kepuasan, tetapi kepuasan yang dihasilkannya tidak bertahan lama. Kebahagiaan yang bergantung pada kesenangan fisik tidak mantap, suatu hari kebahagiaan itu anda rasakan, esoknya mungkin tidak.

Ketika memilih kesenangan dan menganggapnya sebagai kebahagiaan, kita sudah berjalan ke arah yang berbeda dengan jalan kebahagiaan. Karena itu, semakin jauh menikmati kesenangan, semakin jauh pula kita dari jalan kebahagiaan.

Ketika seseorang akan melakukan korupsi, ia pasti didorong oleh keinginannya untuk hidup lebih baik, untuk hidup lebih nyaman, untuk mencapai kebahagiaan. Orang yang melakukan korupsi sebenarnya mencari kebahagiaan tetapi ia tidak menyadari bahwa apa yang ada didepan matanya itu sama sekali bukan kebahagiaan. Ia tidak tahu bahwa saat ini ia sedang berhadapan dengan kesenangan . Ia telah melihat kesenangan sebagai kebahagiaan.

Orang yang berselingkuh sama saja. Orang-orang ini juga adalah mereka yang mendambakan kebahagiaan. Ketika melihat lawan jenis yang menggairahkan, yang terbayang di matanya adalah kebahagiaan apabila ia mendapatkannya. Ia juga tidak sadar bahwa yang berdiri dihadapannya adalah kesenangan yang menyamar sebagai kebahagiaan.

Kebahagiaan dan kesenangan adalah dua jalan yang membentang dengan arah yang berlawanan.

Kebahagiaan berbeda dengan Kesuksesan

Sukses berarti mendapatkan apa yang anda inginkan, sementara bahagia adalah menginginkan apa yang akan anda dapatkan. Sukses dan Bahagia ada di dua jalur yang berbeda. Sukses lebih berdimensi fisik sementara kebahagiaan berdimensi spiritual.

Sukses ukurannya adalah kuantitas, dapat dilihat. Inti sukses adalah pencapaian : memiliki rumah, mobil, pekerjaan, jabatan, berorientasi pada hasil yang dicapai saat ini. Apabila belum mencapai hal-hal tersebut dianggap belum sukses.

Ukuran kebahagiaan adalah kualitas, tidak mengacu pada pencapaian, tetapi pada proses. Oleh karena itu kebahagiaan tidak bergantung pada kondisi luar, tetapi kondisi di dalam.

Dengan kata lain bahwa sukses baru dapat dinikmati manakala target telah tercapai, kebahagiaan sudah dapat dinikmati mulai saat ini juga.

Kebahagiaan adalah menikmati setiap saat dalam perjalanan, sedangkan kesuksesan adalah mencapai tempat tujuan. Ketika fokus kita menikmati setiap momen, kita akan mencapai kebahagiaan.

Apabila sukses bergantung pada sesuatu yang ada diluar, sedangkan kebahagiaan bergantung pada yang ada di dalam, mestinya kebahagiaan itu jauh lebih mudah ….. Lets Go ………. Bersambung

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s