TEHNIK MENGAMANKAN WEBSITE BERBASIS WORDPRESS

1. bagi pengguna WordPress pastikan anda selalu melakukan update versi terbaru wordpress anda. untuk melakukan update versi terbaru anda bisa melakukankannya dengan 2 cara. secara manual atau otomatis.

a. bila anda melakukan update versi terbaru secara manual anda bisa melakukannya dengan cara upload dan install file wordpress tsb melalui cpanel atau software filezilla. cek update versi terbaru wordpress bisa dilihat di wordpress.org

b. bila anda melakukan update versi terbaru secara otomatis anda bisa melakukannya melalui admin panel web wordpress anda.

2. Cek terlebih dahulu template – template yang ingin anda install, apakah didalam template tersebut terdapat kode-kode jahat atau kode-kode yang disusupin, disini kami tidak akan mengupas tuntas cara mengecek kode-kode jahat tersebut, karena sifatnya begitu luas, namun pada artikel kedepan akan kami jabarkan A-Z cara mengeceknya.

3. lakukan scan Web secara berulang kurang lebih 2 minggu sekali atau 2x seminggu, scan web ini berguna untuk mencegah adanya phpshell atau virus trojan yang masuk ke dalam web directori kita, cara melakukan scan ini sangat mudah, dari cpanel balimediahosting masuk menu advanced lalu klik Viruss Scanner terdapat 4 pilihan. centang ” Scan Entire Home Directory ” lalu Scan Now. tunggu hingga proses selesai, anda bisa juga mencoba melakukan scan pada pilihan yang lain.

4. pengguna WordPress kami anjurkan untuk menginstall plugin Timthumb Scaner, cara menginstallnya cukup mudah, pada menu admin worpress anda klik plugin kemudian search ” Timthumb Scaner ” lalu install dan aktifkan plugin tersebut. setelah diaktifkan anda tinggal masuk ke plugin tersebut lalu scan…nanti akan muncul versi terbaru, anda tinggal melakukan update file timthumb tersebut ke versi terbaru. hingga artikel ini dibuat versi terbaru timthumb file adalah 2.8.2

5. menghapus file readme.html wordpress anda, kami anjurkan untuk menghapus file ini gunanya agar tidak terbaca versi wordpress yang kita gunakan, cara menghapusnya melalui file manager cpanel anda.

6. mengganti url wp-admin wordpress, kita tentu mengetahui jika kita mengakses panel admin wordpress kita urlnya seperti ini http://namadomain/wp-admin ini adalah default admin dari wordpress, tapi ingatlah kita harus benar benar menjaga securty web kita dari tangan tangan yang tidak bertanggung jawab, cara mengganti url admin kita sangat mudah, kita bisa memanfaatkan plugin wordpress tersebut, nama plugin wordpress ini adalah LOCKDOWN WP, cara penggunaannya cukup mudah..anda tinggal menginstall plugin tersebut kemudian aktifkan lalu masuk ke setingan plugin tersebut,, didalam setingan tersebut terdapat kolom yang kita bisa isi untuk mengubah url-admin website wordpress kita. nantinya kita ubah sesuai keinginan kita..dan selanjutnya tidak perlu lagi kita mengakses admin panel website kita seperti wp-admin.

Sumber : http://balimediahosting.com/artikel-hosting/tehnik-mengamankan-website-berbasis-wordpress-dengan-plugin-security.html

2 responses to “TEHNIK MENGAMANKAN WEBSITE BERBASIS WORDPRESS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s