Puasa tanggal 9 Dzulhijah dan Hari Arafah

Bulan Dzulhijah adalah salah satu bulan haram empat yang paling terkenal dan termasuk bulan haji yang telah kita kenal. Sepuluh hari yang pertama adalah seutama-utama hari sepanjang tahun, sebagaimana dituturkan oleh beberapa hadits.
Dari Ibnu Abbas r.a., Rasulullah Saw. bersabda, ” Tidak ada hari-hari amal saleh yang terdapat di dalamnya yang lebih dicintai Allah selain hari-hari ini, yaitu hari-hari yang sepuluh. Para sahabat bertanya, ‘Tidak juga jihad di jalan Allah?” Rasul menjawab, Tidak juga jihad di jalan Allah, kecuali seseorang yangkeluar dengan jiwa dan hartanya lalu tidak kembali sesuatu pun darinya.  (HR. Bukhari, Abu Daud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah).
Riwayat lain menyebutkan, Tidak ada suatu hari yang lebih mulia di sisi Allah dan amal di dalamnya lebih dicintai oleh Allah, selain hari-hari yang sepuluh. Maka perbanyaklah di dalamnya bacaan tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir. (HR. Thabrani dalam Al-Kabir dengan sanad yang baik)
Sa’id bin Zubair ketika memasuki hari-hari yang sepuluh ini, berjuang dalam ibadah dengan sungguh-sungguh hampir tidak kuat lagi melakukannya.

Puasa di hari-hari yang sepuluh ini merupakan seagung-agung media bagi seorang Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. (kecuali hari kesepuluh —hari Id— yang diharamkan untuk puasa). Di antara yang sepuluh ini, yang paling utama adalah hari kesembilan, hari arafah, yaitu hari ketika para jamaah haji wuquf dalam keadaan kusut masai dengan pakaian ihram, yang serupa dengan kain kafan untuk menyambut secara total seruan Allah SWT dengan penuh ketundukan.

Sedangkan selain mereka, muslim di rumah masing2 mendekatkan diri kepada Rabnya dengan berpuasa. Nabi SAW ditanya tentang puasa hari arafah, beliau bersabda : “Menghapuskan dosa tahun yang lalu dan yang masih tersisa (HR. Muslim).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s