Etika Berdoa

Al-Qur’anul Karim menyebut beberapa etika doa, seperti pasrah, takut, tenang dan bersikap sopan kepada Allah swt. Hadits-hadits shahih juga menyebut hal yang sama. Di antara etika-etika tersebut adalah sebagai berikut :

1. Mengangkat telapak tangan bagian dalam ketika memanjatkan doa. Ibnu Abbas ra. menyatakan bahwa Rasulullah saw. bersabda,
“Jangan tutup dinding dengan tirai. Siapa yang melihat isi surat saudaranya berarti sama dengan memandang neraka. Mohonlah kepada Allah (berdoalah) dengan telapak bagian dalam dan jangan memohon kepada-Nya dengan telapak tangan bagian luar. Dan, jika kalian selesai berdoa, maka usaplah wajah dengannya.” (H.R. Abu Dawud).

2. Konsentrasi dan yakin akan dikabulkan. Abu Hurairah ra. mengatakan bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Berdoalah kepada Allah dengan disertai yakin akan dikabulkan. Ketahuilah, Allah tidak mengabulkan doa yang dipanjatkan dengan hati yang lalai dan main-main. ” (H.R. Tirmidzi).

3. Mengawali doa dengan memuji dan menyanjung Allah, dan mengucapkan shalawat dan salam kepada Rasulullah saw. Shalawat dan salam juga diucapkan sebagai penyela doa dan penutupnya. Fudhalah bin Abu ‘Ubaid ra. menuturkan,”suatu ketika, Rasulullah saw. mendengar seseorang berdoa dalam shalat tanpa mengucapkan shalawat kepadanya, maka beliau bersabda, ‘Dia terlalu tergesa-gesa’ kemudian beliau memanggilnya seraya bersabda, ‘Jika seorang di antara kalian berdoa, mulailah dengan memuji dan menyanjung Allah swt, lalu mengucapkan shalawat kepada Nabi. Setelah itu berdoalah sesuka hatinya” (h.r. para penulis kitab As-Sunan)

4. Umar ra. menyatakan bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Doa tertahan di antara langit dan bumi, la tidak terus naik hingga diucapkan shalawat kepadaku. Karena itu, jangan jadikan aku seperti wadah (bekal) penunggang kuda. Ucapkanlah shalawat kepadaku di awal doa, juga pertengahan dan penutup-nya.” (h.r. Tirmidzi). Tirmidzi meriwayatkannya dengan sanad mauquf hingga Umar, namun Razin meriwayatkannya secara marfu’.

5. Menutup doa dengan mengucap-kan kata,’ Amin.’ Abu Mushbih Al-Maqra’i mengatakan bahwa Abu Zuhair An-Numairi ra. menyatakan, “Pada suatu malam, kami keluar bersama Nabi saw. Kami menjumpai seorang laki-laki yang sedang berdoa dengan sangat sungguh-sungguh. Rasulullah berhenti sejenak untuk mende-ngarnya lalu bersabda, ‘Doanya pasti dikabulkan jika dia menutupnya.’ Seseorang bertanya, ‘Menutup dengan apa, wahai Rasulullah.’ Beliau menjawab, ‘Dengan mengucapkan, ‘Amin.’ Setelah Rasulullah meninggalkan tempat itu seseorang berkata kepada laki-laki tersebut, ‘ Hai fulan katakan amin dan berbahagialah’ (h.r. Abu Dawud)

6. Tenang dan tidak mengangkat suara keras-keras ketika berdoa. Abu Musa ra. menuturkan, “Ketika kami sedang menempuh suatu perjalanan, banyak teman kami yang meneriakkan takbir, maka Nabi saw. menegur, ‘Hai semuanya, tenanglah. Sesungguhnya, kalian tidak berdoa kepada Zat yang tuli ataupun jauh, melainkan kalian berdoa kepada Zat yang Maha Mendengar dan Maha Melihat, dan Dia bersama kalian. Zat yang kalian panjatkan doa kepada-Nya itu lebih dekat dengan kalian daripada leher tunggangan kalian Bendiri.'” (h.r. Al-Khamsah kecu-ali Nasa’i).

7. Memilih ungkapan-ungkapan doa yang singkat tapi padat atau doa-doa yang menghimpun segenap kebaikan. ‘Aisyah ra. berkata, ” Rasulullah saw suka berdoa dengan ungkapan-ungkapan pang pendek tapi padat, dan meninggalkan yang lainnya.”

8. Mengulang doa dan istigfar sebanyak tiga kali. Ibnu Mas’ud ra berkata, “Rasulullah saw. suka berdoa tiga kali dan memohon ampun (istigfar) tiga kali pula.”
Dalam riwayat lain telah disebutkan bahwa dalam kondisi tertentu beliau menyuruh para sahabat agar mengucapkan istighfar sebanyak 70 kali.

9. Tidak menuntut agar doanya cepat dikabulkan. Abu Hurairah ra. menyatakan bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Doa yang dipan-jatkan oleh seorang di antara kalian akan dikabulkan selama tidak menuntut segera dikabulkan, Dia berkata,  ‘Aku telah berdoa kepada Tuhanku tapi Dia tidak mengabulkannya.'” (h.r. As-Sittah kecuali Nasa’i)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s