Bersegeralah kalian dalam berbuat Amal Shaleh

Dari Abu Hurairah r.a, bahwasanya Rasulullah saw. bersabda, “Bersegeralah kalian untuk berbuat amal saleh, karena akan muncul berbagai fitnah seperti penggalan-penggalan malam yang gelap-gulita, ada orang yang paginya beriman, sorenya kafir. Ada yang sorenya beriman, paginya kafir. la jual agamanya dengan barang perhiasan dunia.” (H.r. Muslim)

Ini adalah wasiat Rasulullah saw. kepada ummatnya, dimana dalam wasiat ini beliau memperingatkan, bahwa akan muncul suatu zaman yang di dalamnya terjadi berbagai fitnah antarmanusia.

Fitnah di sini mungkin berarti kemaksiatan, mungkin pula kekufuran dan terjadinya dosa-dosa besar di kalangan kaum Muslimin. Sebagaimana juga mungkin fitnah ini berarti pelecehan seseorang pada ajaran-ajaran agamanya dan perintah-perintah Allah swt. Bisa juga berarti kafir kepada Allah, Rasul-Nya dan apa yang diturunkan kepada Rasulullah saw. Mungkin juga bermakna pada keengganan untuk menegakkan rukun-rukun Islam, meski tetap mengakuinya. Artinya, bahwa seseorang itu Muslim, namun pada saat yang sama melakukan berbagai dosa.

“Bersegeralah kalian berbuat amal saleh, karena akan muncul berbagai fitnah.”

Rasulullah memperingatkan kaumnya agar tidak malas dalam beribadat dan beramal saleh, sebaliknya harus rnemperbanyak keduanya.

sulit diketahui antara yang Muslim dan non-Muslim. Seseorang diketahui sebagai Muslim, namun ia gemar minum khamer. Ini Muslim, namun senang bermain judi. Ini Muslim, namun ternyata tidak mau menjauhi apa yang menjadi larangan Allah dan tidak bersegera menunaikan perintah-Nya.

Memang, di pagi hari beriman, mau salat bersama kaum Muslimin yang lain. Setelah itu sepanjang harinya ia lewati bersama mereka yang senang melanggar kehormatan orang lain dan terjerembab ke jurang kemaksiatan.

Fitnah-fitnah yang terjadi saat ini telah sedemikian meluas, dimana menyebabkan banyak pemerintahan yang mengaku Islam, namun ternyata melegalisasi praktik-praktik dosa besar. Bukti untuk itu adalah apa yang memenuhi zaman kita ini, dari banyaknya pelanggaran terhadap ketentuan Allah. Dimana perlindungan serta jaminan terhadap hal-hal yang bisa kita saksikan dengan mata kepala kita atas aneka bentuk kemaksiatan, seperti bar-bar/diskotik, perlindungan thd para pelaku kejahatan, para koruptor, dilegalkannya tempat-tempat penjualan minuman keras  dan tempat-2 kemaksiatan yang lain. Juga apa yang disajikan media cetak dan elektronik, dan ditayangkan media visual, yakni hal-hal yang bersifat pornografi, yang merobek-robek rasa malu dan mengumumkan perang kepada Rabbul Alamiin. Padahal, sangat dimungkinkan pemerintahan itu sebagai wahana bagi nilai-nilai keutamaan dan pembinaan, dalam rangka perbaikan kondisi kaum Muslim dan mendidik mereka untuk bertakwa dan takut kepada Allah swt

Sesungguhnya, “Akan muncul berbagai fitnah seperti penggalan-penggalan malam yanggelap-gulita, ada orang yang paginya Mukmin sorenya sudah kafir,” artinya, ia keluar dari rumahnya dalam keadaan taat, namun ketika kembali sudah berlumur kemaksiatan.

Sesungguhnya seorang Muslim sejati adalah orang yang paling hati-hati dan takut terhadap kemaksiatan dengan segenap jalannya. Banyaknya kemaksiatan itulah yang akan memunculkan tabir hitam pekat yang menghalangi dirinya dari bersitan cahaya dengan Tuhannya. Ada bersitan cahaya yang akan memanjang sampai ke cahaya Ilahi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s