Tutorial Upload Database Joomla Website

Menyambung artikel sebelumnya, Tutorial Lengkap Instalasi Joomla Website Lokal Komputer, disini saya ingin menyampaikan tutorial mengenai cara upload database joomla website dari lokal komputer anda ke hosting, ceritanya ini website anda sudah selesai di buat dilokal komputer dan sekarang ini anda akan mengupload datanya ke hosting untuk bisa website tersebut online dapat dapat dilihat oleh dunia.
Kita berasumsi bahwa website anda telah selesai di kerjakan di lokal komputer dan server pun juga anda telah punyai atau sudah ada.

Berikut langkah dan tahapan yang harus dilakukan ketika anda mengupload file Joomla ke server hosting (sebelumnya buat dulu folder tersendiri di lokal komputer untuk keperluan ini) :

> Export MySQL Database.
Setelah anda selesai membuat website, maka tentu kita memerlukan databasenya untuk dipindahkan ke server hosting, untuk itu kita akan menyalin file MySQL melalui phpmyadmin. Bukan browser anda, kemudian ketikkan di browser : http://localhost/phpmyadmin.
Misalnya nama mysql database anda di lokal komputer adalah “joomla (72)”, untuk itu database ini yang akan anda butuhkan untuk di export. Setelah terbuka, pilih tulisan “joomla (72)”, kenapa ini, karena file ini adalah nama file mysql yang anda buat saat penginstalan joomla di lokal komputer.
Setelah klik “”joomla (72)”, maka akan muncul gambar seperti berikut :

Selanjutnya klik “Export”, setelah klik akan muncul gambar seperti dibawah. Kemudian klik “Select All”, lalu cek di bagian bawah dan centang “SQL” setelah centang, teruskan kebawan lagi pada “Save as file”, pilih “gzipped” kemudian tekan “Go” (lihat yang dilingkar garis merah). Setelah tekan “Go” akan muncul perintah untuk meng-unduh/download” file sql, silahkan download dan tempatkan pada folder yang telah anda tetapkan sebelumnya.

Setelah selesai meng-unduh, maka selesailah proses export database MySQL website joomla anda.

Export Direktori/folder Joomla Website.
Buka explorer, kemudian pilih folder : “xampp > htdocs > joomla”, setelah itu akan kelihatan semua folder joomla anda, lihat gambar :

Perhatikan kontak bergaris merah, itulah data web joomla anda, blok semua file kemudian kompress dengan “ZIP” atau “GZ” jangan pakai “RAR” karena tidak akan dikenali oleh server. Hasil zip semua file tersebut, tempat di folder yang sama dengan database mysql. Sampai disini selesailah proses kompresi direktori website joomla anda.
Langkan selanjutnya adalah mengupload datanya ke server.

> Upload Data Joomla Website.
Login ke Cpanel hosting anda. Setelah masuk Cpanel hosting akan tampil File Manager yang tampilannya tidak jauh seperti windows explorer. Disinilah kita akan memulai upload file MySQL dan Data Joomla anda.

Setelah cpanel terbuka, cari tulisan “Fila Manager”, kemudian akan terbuka layar tempat anda akan mengupload data joomla.
Ingat anda harus Upload semua file anda ke “root folder” folder utama website biasanya di folder “public_html” atau bisa juga di folder “www”.

setelah ketemu foldernya, silahkan upload file joomla anda yang sudah di zip sebelumnya, ingat bukan file mysql. Setelah sukses mengupload filenya, kemudian extract file zipnya. Setelah file ter-extract, sementara selesai proses upload data joomla. Sampai disini mudah-mudahan bisa difahami. Sekarang kita lihat ke langkah selanjutnya.

> Upload Mysql Database.
Sebelumnya mungkin ada yang bertanya-tanya, databased MySQL yang dari lokal komputer itu gimana?… jangan keburu bingung, di hosting kita harus buat MySQL baru, nanti setelah kelar, isi dari pada MySQL yang dibuat di server ini itu nanti berisikan database MySQL yang telah jadi dari lokal komputer,, untuk itu mohon baca dengan seksama petunjuk yang ada di bawah ini dengan baik dan seksama.
Kembali ke Cpanel hosting anda, kemudian cari tulisan “MySQL Database”, lalu klik tulisannya.

Setelah klik “MySQL Database”, sudah akan mulai membuat database baru MySQL. Pengalaman saya di hosting yang berbayar disana terdapat Video Tutorial mengenai cara pembuatan data MySQL, ini akan sangat membantu anda dalam membuat database. Buat nama database anda, misalnya nama data base MySQL adalah : “number2”, kemudian klik “Create Database”, ingat anda harus hati-hati dalam proses ini karena jika terjadi kesalahan maka website anda tidak akan jalan karena data website tidak terbaca oleh server. Tapi jangan panik, santai saja, yang penting perhatikan dengan seksama.

Setalah mengisi data yang di minta dan menekan “Create Database”, selanjutnya database MySQL anda sudah dibuat, dengan munculnya tulisan “Added the database number2”, kemudian klik “Go Back”, selanjutnya masuk ke :
Add New User.
– Username : masukkan user nama anda di sini, misalnya “second”
– Password : masukkan password anda, misalnya : J6N9m5x37L
– Password (Again) : masukkan kembali password anda.
Klik “Created User”

Setelah sukses, akan terbukan layar baru yang menginformasikan bahwa data anda telah selesai dimasukkan, seperti pada gambar berikut, setelah itu klik “Go Back”.

Selanjutnya kita akan menambahkan User database MySQL yang telah kita buat diatas, silahkan periksa di bawah tulisan : Add User To Data Base, kemudian pilih ;
– User yang dibuat sebelumnya yaitu : second.
– Database : number2
lalu klik “Submit”

Selanjutnya akan muncul dilayar memerintahkan anda melakukan perubaha, pilih “ALL PRIVILLEGES” kemudian tekan “Make Changes”, seperti gambar berikut :

Kemudian akan terbuka layar informasi mengenai database telah ditambahkan, lalu klik “Go Back”

Selesailan proses pembuatan database MySQL, sampai disini semoga sudah dapat di pahami dan selanjutnya kita memasuki tahapan berikutnya.

> Export Database Mysql.
Kembali ke Cpanel hosting anda, kemudian cari tulisan dan klik “phpMyadmin”, setelah klik, akan terbuka halaman baru dengan tampilan “phpmyadmin” untuk melakukan restore database, pilih nama database, kemudian klik “Import”

Lalu pilih “Browse” untuk mengupload file mysql yang telah anda buat sebelumnya dan telah anda persiapkan di lokal komputer, setelah jendela browse terbuka pilih database mqsql anda yang ada di lokal komputer dan tekan “Open”, maka proses upload data dari komputer pindah ke server dimulai, tunggu sampai beberapa saat, dan jika berhasil diupload, maka selesailah proses upload data dan mysql website joomla anda.

Selanjutnya adalah kita masuk pada tahan terkahir, yaitu mengubah system konfigurasi pembacaan database joomla di server. Untuk mengubahnya silahkan masuk kembali “Cpanel > File Manager” lalu klik foder “public_html” atau folder “www”, cari dan temukan file “configuration.php”, setelah ketemu klik icon “Code Editor”. Jika muncul kotak konfirmasi silahkah klik tombol Edit maka anda akan masuk ke halaman pengeditan kode. Ubahlah kode-kode di bawah ini
var $user = “ ”;
var $password =” ”;
var $db = “ ”
Isikan dengan data yang sesuai dengan database, username, dan password yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian Klik Save Changes.

Setelah itu, selesailah sudah, website anda sudah siap untuk mengarungi samudra dunia maya yang tiada batas.

Note :
>> Nama database dan username akan diberi prefiks “[ UserCpanel]_” dimana UserCpanel ini diambil dari username login cPanel.
>> Jangan lupa password user MySQL case-senditive.
>> Setting var $host harus selalu ‘localhost’

2 responses to “Tutorial Upload Database Joomla Website

  1. wah… terima kasih nih mas atas petunjuk nya, sebelumnya saya sempat kebingungan krn telah membaca beberapa artikel mengenai hal yg sama, tapi bukannya membantu saya tp malah bikin pusing, terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s