Membuat halaman download di wordpress menggunakan WP-DownloadManager

Ada kawan yang minta saya untuk dibuatkan website, yang salah satunya ada halaman buat download. Kalau di joomla saya sudah punya modulenya module, tapi kalau yang diwordpress belum punya nih. Setelah searching lewat bung google akhirnya dapat deh nama pluginnya : WP-DownloadManager yang dibuat oleh Lester ‘GaMerZ’ Chan

Sebenernya kalo mo dibuat halaman download biasa pun bisa. Saya tinggal upload file di layanan File Hosting seperti Rapidshare atau 4share, copy link location dan paste di blog. Tetapi cara tersebut kurang nyaman bagi saya. Penginnya sih bisa langsung di download dari blog ini supaya bisa ketahuan statistiknya.

* Download plugin WP-DownloadManager. Versi terakhir 1.40.
* Upload dan esktrak di direktori wp-content/plugins.
* Activate plugin melalui menu Plugins.
* Re-Generate Permalink (WP-Admin -> Settings -> Permalinks -> Save Changes)
* Membuat halaman download melalui menu Pages > Add New. Di dalam post content area, saya mengetikkan page_download untuk menampilkan daftar file yang akan di download. Pastikan mode pengetikan dalam mode HTML.
* Kembali ke menu Downloads. Di dalam menu ini terdapat sub menu Manage Downloads, Add File, Download Options, Download Templates dan Uninstall WP-DownloadManager. Upload file melalui sub menu Add File.

Yang saya suka dari plugin ini adalah kemampuannya untuk menampilkan banyaknya file, ukuran file dan hits. Selain itu juga kita bisa menambahkan kategori file dan mengatur template sesuai dengan keinginan kita.

Semoga bermanfaat.

5 responses to “Membuat halaman download di wordpress menggunakan WP-DownloadManager

  1. Terima kasih atas artikelnya.

    saya hanya ingin mengoreksi sedikit untuk kalimat “… Di dalam post content area, saya mengetikkan page_download …”

    setelah saya coba ternyata gagal meski sudah di mode HTML.

    Dan ketika saya baca Readme dari plugin ini ternyata anda tidak menambahkan tanda “[” dan “]” dan setelah saya tambahkan tanda tersebut menjadi “[page_download]” (hilangkan tanda petik), maka halaman page download berhasil menampilkan daftar file.

Leave a Reply

