Lupa Pasword Joomla ???

Administrator Website Joomla! dapat mengatur segala sesuatu yang diinginkan untuk tampil di Website Joomla! dengan meng”utak-atik” fasilitas-fasilitas yang ada di halaman Back-End (halaman administrator).

Halaman back-end bisa dikatakan sebagai nyawanya Website Joomla!. Tidak dapat diaksesnya halaman back-end oleh Administrator karena sebab apapun sama saja seperti “kiamat” bagi para Administrator. Karenanya menjaga dan antisipasi keamanan Website Joomla!, merupakan hal yang wajib dilakukan para Administrator Website Joomla!.

Banyak hal dapat dilakukan untuk menjaga dan mengantisipasi keamanan Website Joomla!, khususnya halaman back-end. Rajin melakukan back-up file dan database Joomla!, Selalu meng-update Security Patch Joomla! setiap ada rilis terbaru, Dan membuat “Strong Password” untuk mengakses halaman back-end, adalah beberapa contoh dari upaya menjaga dan mengantisipasi keamanan Website Joomla!.

Permasalahannya, saking “strong”-nya password yang dibuat, tidak jarang Administrator pun lupa password apa yang pernah digunakan untuk masuk ke halaman back-end. Nah, kalau sudah begini apa yang harus dilakukan? install ulang? uhhh… selain butuh waktu untuk meng-install ulang Joomla! dan extension-extension yang pernah digunakan, juga harus rela kehilangan semua/sebagian konten dari Website Joomla!. Mengulang lagi dari awal sungguh pekerjaan yang membosankan dan menyebalkan bukan?

Lalu apa yang harus dilakukan tanpa harus melakukan install ulang?.. Prinsipnya sederhana saja, yaitu dapatkan kembali Password Administrator. Caranya? baca terus tulisan ini, oke?

Pada dasarnya, semua informasi yang dilakukan di Website Joomla! tersimpan dengan rapih di database Joomla!, termasuk password Administrator yang dibutuhkan untuk mengakses halaman back-end. Sudah mulai terbayang cara mendapatkan password Administrator yang kelupaan tadi?.. Ya, betul. Cukup masuk ke database Joomla!, lalu mencari dimana letak password Administrator, kemudian copy password dan gunakan password tersebut untuk meng-akses halaman back-end. Sederhana bukan?. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Masuk ke halaman phpMyAdmin; Database Joomla! dapat diakses menggunakan fasilitas phpMyAdmin yang umumnya sudah disediakan oleh para penyedia layanan hosting. Tulisan ini mengasumsikan pembaca sudah dapat mengakses halaman phpMyAdmin. Apabila masih bingung bagaimana cara mengakses halaman phpMyAdmin, silahkan bertanya ke penyedia layanan hosting yang digunakan.
2. Pada halaman phpMyAdmin, pilih nama database Joomla! yang digunakan.
3. Pada database Joomla!, lanjutkan dengan memilih tabel “jos_users”
4. Pada baris paling atas, untuk user name “admin”, klik tombol Edit.
5. Ubah isian value dari password dengan value berikut: “21232f297a57a5a743894a0e4a801fc3”. Lalu klik tombol “Go”.
6. Selesai. Value yang diisikan pada langkah 5 di atas memiliki arti sama dengan “admin”. Selanjutnya, silahkan akses kembali halaman back-end dengan password “admin”.
7. Terakhir, jangan lupa mengubah kembali password halaman back-end dengan “Strong Password”. Tapi.. jangan sampe kelupaan password Admin-nya lagi ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s