4 Embarkasi berangkatkan Calhaj 2010

Empat embarkasi akan memberangkatkan calon jemaah haji ke Tanah Suci satu hari lebih awal dibanding embarkasi yang lain. Kelompok terbang (kloter) awal calhaj dari embarkasi Aceh, Medan, Makassar dan Banjarmasin akan berangkat pada 11 Oktober mendatang dari bandara masing-masing.

Hal itu disampaikan Direktur Pelayanan Haji Kementerian Agama, Zainal Abidin Supi kepada wartawan di Jakarta, Senin (20/9). Sementara calhaj selain embarkasi tersebut mulai bertolak dari Tanah Air pada 12 Oktober, sehari sebelumnya para Tamu Allah itu harus masuk asrama haji.

“Semula dijadwalkan seluruh embarkasi berangkat serempak tanggal 12 Oktober, tapi karena ada tambahan kuota 3.500, pemberangkatan jemaah di empat embarkasi dimajukan satu hari,” jelas Supi.

Tahun 2010 ini 224 ribu calhaj termasuk petugas haji dari Indonesia berangkat menunaikan rukun Islam kelima, berangkat dari 11 embarkasi yaitu, Aceh, Medan, Padang, Batam, Palembang, Jakarta, Solo, Surabaya, Banjarmasin, Balikpapan dan Makassar.

Supi mengatakan, perubahan jadwal tersebut tidak mempengaruhi proses pemberangkatan termasuk juga perijinan di Arab Saudi. “Masalah ini sudah diatur dengan pemerintah Arab Saudi,” imbuhnya.

Dikatakan, pemberangkatan jemaah ke Tanah Suci dibagi dalam dua gelombang, gelombang pertama mulai 11 Oktober sampai 4 Nopember 2010, jemaah akan mendarat di bandara King Abdul Azis Jeddah atau bandara Amir Muhammad Madinah. Dari Jeddah jemaah tidak langsung ke Mekkah melainkan ke Madinah untuk menunaikan ibadah shalat arbain (empat puluh waktu).

Sementara calhaj yang masuk pada gelombang kedua mulai berangkat pada 27 Oktober sampai 10 Nopember, mereka begitu tiba di bandara King Abdul Jeddah langsung menuju Makkah, untuk bersiap menunaikan prosesi ibadah haji, diperkirakan wukuf di Arafah 9 Dzulhijjah 1431H akan jatuh pada hari Senin, 15 Nopember 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s